Hasta Karya (Pembuatan Masker/Hand Sanitizer Sederhana)

Pandemi Covid-19 masih menjadi permasalahan bagi masyarakat Indonesia bahkan Dunia. Sejak terjadinya penyebaran virus Corona yang makin hari semakin bertambah, membuat masyarakat harus selalu waspada dan tetap mentaati protokol kesehatan di manapun berada. Selain menjaga jarak dengan orang lain, menggunakan masker apabila terpaksa harus keluar rumah dan selalu membawa hand sanitizer sebagai alternatif jika tidak menemukan tempat cuci tangan.

Hand sanitizer terbukti mampu menonaktifkan bakteri dan virus walaupun masih terdapat sisa atau komponen dari virus tersebut, sehingga mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir tetap lebih dianjurkan karena lebih efektif membunuh bakteri dan virus sampai benar-benar bersih. Akan tetapi masih belum banyak tersedia fasilitas cuci tangan di tempat umum sehingga hand sanitizer bisa menjadi alternatif pengganti air dan sabun.

Masker dan hand sanitizer menjadi barang yang banyak di cari sehingga harganya lebih mahal dari hari-hari biasanya. Tetapi kita tidak perlu khawartir karena kita bisa membuat sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang murah dan mudah dutemukan. Berikut adalah tutorial cara pembuatan hand sanitizer dan masker sederhana. Silahkan disimak ya..

Video tutorial pembuatan hand sanitizer

Selanjutnya adalah video tutorial pembuatan masker dari kain perca tanpa dijahit.

Nah, cukup mudah bukan? Silahkan kalian mencoba di rumah, lalu kirimkan foto hasil karyamu beserta proses/step by stepnya ke alamat e-mail prabawatiana@gmail.com
Sekian informasi dari saya, semakin semanagat belajar, tetap jaga kesehatan dan senantiasa berdoa kepada Tuhan agar kita selalu dalam perlindungan-Nya.
Terimakasih

Oleh: Chaerul Ana Prabawati, S.Pd

Komentar

  1. Apabila ada yang bertanya kapan di kumpulkan.. Dikumpulkan paling lambat tgl 25. Dalam bentuk video singkat (hand sanitizer/masker pilih salah satu)

    BalasHapus
  2. Selamat siang saya mau tanya nanti pas buat masker dan hand sanitizer di video pakai baju apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menggunakan seragam sekolah atau pakaian bebas rapi

      Hapus
  3. Jika durasi video terlalu besar..bisa dikirim via DM instagram anaprabawati

    BalasHapus
  4. Selamat malam , maaf saya sudah kirim tugas adik saya Rasya Avareno R.P kelas 7E membuat masker via DM nya ibu guru .. tapi belum di buka dan belum ada balasan ...

    BalasHapus
  5. Mohon maaf, mau bertanya, untuk tugas adek sya yg bernama zhafran faras pragata kelas 7d, kira" sudh masuk blm ya email nya, sya sudh kirim 4x cuma blm ada notif terkirim.terimakasih.

    BalasHapus

Posting Komentar

Daftar Siswa Baru SMP Negeri 3 Cepu

Untuk mengenal bapak/ibu guru wali kelas dan teman-teman sekelas kalian, pilihlah kelas kalian di Daftar Halaman di atas.